Pemkab Tubaba Raih Penghargaan dari Kemen-PUPR


Pemkab Tubaba, LHI
Kabupaten Tulangbawang Barat melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) setempat meraih penghargaan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (KemenPUPR) dalam pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Air minum tahun anggaran 2019 sebagai Pengelola DAK Air Minum 2019 terbaik di Wilayah Barat.
            Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Sekjen KemenPUPR kepada Kepala Dinas PUPR Kabupaten Tulangbawang Barat Iwan Mursalin,MT., pada Senin 21 Oktober 2019 yang lalu di Palembang.
Menurut Iwan Mursalin, Penghargaan yang diberikan tersebut dinilai dari kriteria Progres Fisik dan Keuangan serta Kepatuhan Pelaporan emonitoring. “Semoga Apresiasi ini akan memotivasi Dinas PUPR Kabupaten Tulangbawang Barat untuk terus meningkatkan kualitas dan layanan Akses air minum menuju Universal Akses 100%,” kata Iwan mursalin kadis PUPR Tubaba.
Iwan Mursalin menjelaskan, program peningkatan layanan air minum di kabupaten Tulang Bawang Barat di dukung melalui dua sumber dana yaitu Program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi berbasis Masyarakat (Pamsimas) dan DAK (Dana Alokasi Kusus).
“Program peningkatan layanan air minum yang didukung melalui DAK pada tahun 2017 tersalurkan di 4 kecamatan yaitu Lambu Kibang, Pagar Dewa, Tulang Bawang Udik dan Way Kenanga yang tersebar di 12 tiyuh dengan total sambungan rumah sebanyak 600 SR. Sedangkan program peningkatan layanan air minum yang di dukung melalui program Pamsimas pada tahun 2017 tersalurkan di 7 kecamatan yaitu Batu Putih, Gunung Agung, Gunung Terang, Lambu kibang, Tulang Bawang Tengah, Tumijajar,dan way kenanga yang tersebar di 11 tiyuh dengan total sambungan rumah yang terpasang 829 SR sedangkan potensi pengembangan SR di 7 kecamatan tersebut sebesar 1.717 SR,” jelasnya.
Pada tahun 2018, Iwan Mursalin menambahkan, program peningkatan layanan air minum yang di dukung melalui DAK tersalurkan di 3 kecamatan yaitu Lambu Kibang, Gunung Agung,Tulang Bawang Tengah yang tersebar di 3 tiyuh dengan total sambungan rumah sebanyak 750 SR.
“Sedangkan program peningkatan layanan air minum yang di dukung melalui program Pamsimas pada tahun 2018 tersalurkan di 8 kecamatan yaitu Batu Putih, Gunung Agung, Gunung Terang, Lambu kibang, Pagar Dewa, Tulang Bawang Tengah, Tumijajar, dan way kenanga yang tersebar di 19 tiyuh dengan total sambungan rumah yang terpasang 1.006 SR sedangkan potensi pengembangan SRdi 8 kecamatan tersebut sebesar 2.962 SR,” paparnya.
Pada tahun 2019, lanjut iwan Musalin. Program peningkatan layanan air minum yang di dukung melalui DAK tersalurkan di 8 kecamatan yaitu Tulang Bawang Udik, Gunung Agung, Gunung Terang, Lambu kibang, Pagar Dewa, Tulang Bawang Tengah, Tumijajar, dan way kenanga yang tersebar di 10 tiyuh dengan total sambungan rumah sebanyak 1.700 SR.
“Kemudian pada tahun 2020 di rencanakan program peningkatan layanan air minum yang di dukung melalui DAK tersalurkan di 8 kecamatan yaitu Batu Putih, Gunung Agung, Gunung Terang, Lambu kibang, Pagar Dewa, Tulang Bawang Tengah, Tumijajar, dan way kenanga yang tersebar di 190 tiyuh dengan total sambungan rumah sebanyak 3.310 SR. Dari data di atas, jumlah SR terpasang dari tahun 2017 sampai dengan rencana tahun 2020 sebanyak 8.195 SR. Sedangkan potensi pengembangan SR nya adalah sebesar 4.679 SR,” jelasnya. (Afrizal candra)

Post a Comment

0 Comments