DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Wakil Bupati Pengandaran Tinjau Proses Penempatan Perahu Nelayan Yang Dipindahkan


Pangandaran,LHI
Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari  didampingi Kepala Dinas Kelautan, Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Pangandaran Rida Nirwana K. S.Sos. MSi dan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Drs H Undang Sohbarudin meninjau proses penempatan perahu nelayan yang dipindahkan dari Pantai Barat Pangandaran ke PPI (Pangkalan Pendaratan Ikan ) Cikidang .Kamis, (6/11/2019)
            Pemindahan penertiban tempat sandar perahu dari Pantai Barat Pangandaran tersebut merupakan dalam rangka penataan Pantai Pangandaran.Hal tersebut di sampaikan Wakil Bupati Pangandaran di sela sela acara.
            " Penertiban ini merupakan dalam rangka penataan pantai yang didalamnya ada  perahu pesiar dan perahu nelayan sehingga bagaimana pantai itu sedap dipandang mata dan membuat tamu para pengunjung menjadi nyaman kerasan betah dan nanti akan kembali lagi kesini kalau melihat pantainynya yang bersih tertib " ungkap  Wabup.
Lanjutnya penertiban sendiri sudah di setujui oleh para pemilik perahu nelayan.
" Pada perinsipnya mereka mengikuti program kita penataan kawasan pantai mereka setuju untuk di tertibkan dan pindah ke PPI Cikidang"
Tapi menurut Wabup, para nelayan mengharapkan adanya jembatan antara pelabuhan cikidang dengan pananjung." Mereka sudah sepakat mereka siap dipindahkan, dulu permasalahannya perumahan , sekarang perumahan sudah di siapkan, namun kemari masalahnya harus ada jembatan, karena kalau melalui jalan umum rawan karena selain memutar mereka membawa grobak mesin, sekarang sedang di bikinkan jembatan penyebrangan sementara , jembatan bambu," ujarnya.
Dilain pihak kepala unit PPI Cikidang, Rukman, menyampaikan bahwa PPI Cikidang bisa menampung ratusan perahu" Satu kolam bisa menampung 160 kapal itu hanya satu baris, kalau dikembangkan menjadi dua baris kapal mencapai 300 kapal perahu dengan catatan asal tidak mengganggu olah gerak kapal" ujarnya
            "Itu rencana awal namun secara Keseluruhan PPI  Cikidang diharapkan  bisa mencapai 800 kapal termasuk dengan kapal kapal diatas 5 gross ton" tambah Rukman
Lanjutnya secara keseluruhan jumlah kapal perahu yang ada di PPI Cikidang sekarang mencapai 600 buah" Perahu yang sampai 10 gross ton baru  25 kapal, jumlah keseluruhan perahu nelayan yang menyandar di PPI cikidang sekarang ada sekitar 600 buah" tambah Rukman.
            Selain memantau peroses penempatan prahu nelayan, Wakil Bupati pun meninjau pengerjaan jembatan sementara. Jembatan sementara ini akan menghubungkan PPI Cikidang ( Karang Gedang) dengan Pananjung yang diharapkan bisa di pergunakan nelayan untuk pulang pergi dari dan ke PPI Cikidang.
            Selain itu jembatan ini merupakan harapan para nelayan yang rumahnya di pananjung agar tidak memutar memasuki area jalan raya, yang dikhawatirkan dapat menimbulkan kecelakaan. (AGUS.S)***

Post a Comment

0 Comments