DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Tujuh Tahun Kabupaten Pangandaran Terus Berbenah Insfrastruktur


Pangandaran LHI
7 tahun Kabupaten Pangandaran terus berbenah salahsatunya dalam bidang infrastruktur, ada beberapa infrastruktur yang akan di bangun pada tahun 2020 nanti, diantaranya pembangunan kompleks kantor pemerintahan di kawasan Cintakarya, Kecamatan Parigi yang akan diawali dengan pembangunan fisik Kantor Sekertaris Daerah.
Salah satu penunjang perkantoran adalah pembangunan Penataan Alun-Alun Kabupaten Pangandaran merupakan bagian dari Program Pemerintah Provinsi  Jawa Barat yang sedang ‘ngabret’ melakukan percepatan pembangunan di wilayah Provinsi Jawa Barat.
Sesuai dengan visi “Kabupaten Pangandaran sebagai Tujuan WisataBerkelas Dunia” maka pembangunan Alun-alun Kabupaten Pangandaran menjadi sebuah ruang publik yang mengakomodir kebutuhan masyarakat, institusi, maupun pemerintah daerah dengan memperhatikan kultur, filosofi, potensi serta karakter kawasan
Menurut Bupati Pangandaran H Jeje Wiradinata untuk pembangunan alun alun akan di bangun tahun 2020." Tahun 2020 kita akan bangun kantor sekretaris daerah dan hal yang luar biasa kita akan bangun alun alun pangandaran sekitar Rp18 miliar" hal tersebut Beliau sampaikan pada saat acara rapat paripurna dengan dewan, selasa, 25/11/2019 bertempat di Aula Rapat gedung DPRD Kab Pangandaran. 
Di Alun - alun Pangandaran ini terdapat beberapa penunjang mulai Pintu masuk (entrance) utama, Pelataran upacara, Taman kecil, Taman bermain, Area hijau, Pelataran pandang, Lapangan olahraga, Entrance parkir mobil (dibawah lapangan olahraga), Food court, UMKM, Amphitheater, Parkir Kendaraan(+80 Kendaraan)
AREA PARKIR disediakan disemi basement yang diletakkan di bawah pelataran upacara,Penempatan ini memanfaatkan perbedaan ketinggian tapak. 
AREA UPACARA ini dapat dimanfaatkan untuk kegiatan-kegiatan format pemerintahan ataupun untuk kegiatan massal lainnya,Ketika dibutuhkan, ruangan ini bisa membesar ke sisi utara dan selatan.
KORSI RAFLESIA tersebar di sisi utara danselatan Alun-alun Pangandaran, Sisi utara dan selatan ini merupakan bagian dari area utama alun-alun dengan skala ruang yang lebih kecil, korsi ini seperti Bunga Raflesia Padma merupakan bunga khas Pangandaran yang berbunga sekali dalam satu tahun, Bunga ini menjadi salahsatu symbol kabupaten, korsi Raflesia adalah salah satu elemen taman yang mengangkat kekhasan dan kekayaan alam Pangandaran.
Area pandang dan shelter dengan corak honje, Honje yang banyak ditemukan di Pangandaran.Honje, atau Kecombran (Etlingera elatior) adalah sejenis tumbuhan rempah yang banyak ditemukan di Pangandaran.Tumbuhan tahunan ini berbentuk terna yangbunga, buah, serta  bijinya dimanfaatkan sebagai bahan sayuran.
TAMAN BACA, RUANG DISPLAY Ruang baca berada di bawah pelataran pandang dan dapat dicapai pelataran UMKM maupun dari basement.
DECK PANDANG Alun-alun Pangandaran dapat melihat pemandangan pantai Pangandaran dan panggung kesenian. Dek ini merupakan area antara lapangan upacara yang formal dan area amphitheatre yang lebih dinamis dan santai.
AREA UMKM diperuntukan untuk mewadahi dan mengelola para usaha kecil dan menengah yang akan berjualan makanan dan cenderamata di area alun-alun. Di area ini pengunjung dapat mencicipi makanan atau membeli cendera mata produk masyarakat local. Area UMKM diperuntukan untuk menunjang parkir kendaraan bermotor.
AREA UNTUK PLAYGROUND Selain itu, disediakan juga area bermain anak yang dilengkapi denganpermainan-permainan menarik dan modern,serta kelengkapan pengamanan yang baik.Area Parkir Kendaraan.
AMPHITHEATER ini berbentuk punggung penyu Pangandaran dan menjadi area untuk pentas kesenian dan acara budaya. Konsep amphitheatre dengan area duduk yang dinamis memungkinkan pengunjung dan wisatawan untuk menonton sambil piknik di area hijau rumput yang memandang ke arah panggung. (AGUS SALIM)***


Post a Comment

0 Comments