Rapat Koordinasi Kepengurusan Calon Jema’ah Haji Kabupaten Tasikmalaya


Kab.Tasik,LHI
39 kepala Puskesmas menghadiri rapat koordinasi pemeriksaan kesehatan calon jema'ah haji se-Kabupaten Tasikmalaya di ruangan rapat Gedung Bupati Rabu, 30/10/2019.
          Dinas Kesehatan kabupaten Tasikmalaya bekerja sama dengan Kementrian Dalam Negeri, Puskesmas juga Kantor urusan agama KUA yang ada di Kecamatan bentuk tim kepengurusan pemeriksaan Kesehatan calon jema'ah haji, pengurus tersebut nantinya akan memeriksa atau mendikteksi gangguan kesehatan calon jema'ah seperti penyakit yang dideritanya.
Pemeriksaan kesehatan calon jema'ah haji tersebut akan dilaksanakan mulai bulan November 2019 untuk pemberangkatan calon jema'ah haji 2019 -2020 atau 1441 Hijriah.
Ketua kepengurusan pemeriksaan kesehatan calon jema'ah haji Kabupaten Tasikmalaya Wahyu Taufik Firdaus menjelaskan," pemeriksaan kesehatan ini dibagi 3 tahap, tahap pertama akan dilaksanakan di Puskesmas, dan Puskesmas bekerja sama dengan KUA dimana calon jema'ah berdomisili.
          Selain memeriksa kesehatan, calon jema'ah haji juga akan diberikan arahan dan bimbingan terkait masalah haji dan, untuk calon jema'ah haji yang kebetulan masih berjalan  untuk pelunasan Administrasi haji, atau yang disebut"istitongah, dan bukti tersebut harus diperlihatkan ke pengurus pemeriksa Kesehatan calon jema'ah tersebut," jelasnya.
          Istitongah adalah, bukti keterangan bahwa calon jema'ah tersebut layak berangkat.
Musim haji yang akan datang, pengurus  mengutamakan mendikteksi kesehatan calon jema'ah tersebut, dimana masih banyak calon jema'ah usianya 60 tahun atau usia lanjut.
Saat di konfirmasi, Kepala Seksi Surveilans dan Immunisasi Dinas Kesehatan,
Iyen Nuryanah S.ST mengatakan," Puskesmas yang belum mempunyai alat medis seperti : Radiologi, Rontgen, PKG dan USG, pengurus bekerja sama dengan RS.swasta seperti, Jasa Kartini dan Kimia Farma.
Pemeriksaan kesehatan  yang memerlukan peralatan tersebut seperti, gula darah, lemak jantung dan kolesterol saran alat medis tersebut sangat diperlukan," katanya.Atas nama pengurus dan jajarannya, pemberangkatan musim haji mendatang, semoga diberi keselamatan dan menjadi haji yang mabrur amiin.. pungkasnya.(HARDITO)*



Post a Comment

0 Comments