Pembangunan Jalan di Desa Darul Aman Pulau Rupat Terkesan Asal Jadi


Bengkalis, LHI
Tim Forum Wartawan Pulau Rupat bersama sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM) Pekat IB tergabung dalam melakukan investigasi pantauan tepat nya pada hari Jumat tanggal (2/ 8 /2019) kemarin,menduga pembangunan jalan ddi Desa Darul Aman Dusun Teluk   Tahun Anggaran  2018 terkesan asal jadi , sehingga ada dugaan terjadinya mark up
            Seperti yang di ketahui peningkatan jalan Dusun Teluk Tungku d kerjakan terkesan asal jadi bahkan pada papan informasi /plang nama proyek tidak dicantumkan nama atau jenis, volume lebar, panjang juga ketebalan, melainkan bacanya 1 unit.
Informasi temuan juga menyebut, perkerjaan tersebut di kerjakan rekan CV Tanjur Indah yang diawasi oleh konsultan pengawas CV.Abdi Consultan.
            Berdasarkan keterangan di lapangan,  perkerjaan perusahaan mengerjakan hanya menggunakan do-rser dan skavator (Beko) tanpa di bomax. Bahkan  pada volume ketebalan juga tidak menyebut jika perkerjaan itu adalah (base). Juga dari sejumlah ukuran ketebalan lebih kurang 18 cm.  Dari antara ruas jalan sekitar panjang 250 meter dari titik tersebut   terkesan bervariasi terkait ketebalan.
            Kepala Desa Darul Aman Bram Mujo Rosid,SH.  membenarkan ketika di konvirmasi sejumlah awak media ”Kalau perkerjaan tersebut tidak di bomax. Bahkan dari pihak perusahaan/pemborong  Mereka ada pernah menjumpai saya di kantor untuk menyampaikan bahwasannya pihak mereka akan melakukan perkerjaan tersebut. “jelasnya.
            Namun demikian ,setelah selesai perkerjaan, menurut  Kades Darul Aman, mereka  tidak pernah sama sekali menghubungi atau menjumpai lagi dengan pihak desa.  
Sebagai mana  baca nya pada papan proyek terbaca menyebutkan  , jenis perkerjaan peningkatan jalan Dusun Telok Tungku lokasi Rupat volume satu unit pelaksana CV, Tanjur Indah dengan   nilai kontrak RP 1,448, 633, 000. sumber dana APBD Kab Bengkalis    TA,2018. waktu 60 hari kalender, konsultan pengawas CV Abdi Consultan
Ketua  LSM Pekat IB Herman berkomentar di hari yang sama ”Kita akan pertanyakan ke dinas terkait bahkan akan kita surati ke intansi aparat penegak hukum seperti Kapolri, Kejaksaan bahkan ke-KPK  sekalipun ,” jelasnya..(SUPRAPTO)***


Post a Comment

0 Comments