Ketua Kelompok Tani Ubi Gajah Perluaskan Tanamannya di Desa Kundur Kec. Tebing Tinggi Barat


Meranti LHI.
Sunardi sudah lama memperkembangkan Tanaman Ubi Gajah dan sudah membuka lahan baru di lokasi Desa Kundur bersama anggotanya, lahan yang di garabnya sekitar 5 Hektare!. Yang sudah di tanam lebih kurang 4 Hektare di Desa tersebut di tepian Poros Desa Kundur!. Sunardi ketua Kelompok mengatakan dilapangan sewaktu LHI, turun kelapangan di Desa Kundur bahwa saya kata Nardi! Sudah pernah panen ubi gajah tersebut sangat menambah penghasilan tanaman ubi gajah tersebut.
            Dengan adanya penambahan garapan tanaman ubi tersebut Ketua kelompok sudah menyediakan mesin pengolah ubi untuk di jadikan tepung Tapioka. Selama ini ketua kelompok menggarap lahan menanam ubi bersama anggotanya sampai panen sendiri, untuk memperluaskan budi daya tanaman ubi gajah tersebut ketua kelompok petani ubi sangat perlu!. Pembinaan dari Pemda melalui dinas Pertanian Kabupaten Meranti sesuai dengan Poksi di bidang teknisnya, untuk keberhasilan nilai tambah perekonomian masyarakat di perdesaan,! Disamping itu juga terciptanya sebuah Desa percontohan tanaman ubi gajah untuk diolah menjadi Tepung Tapioka!.
Supaya daerah tersebut menjadi penghasil Tepung terbuat dari tanaman ubi gajah. Selama ini terkenal adalah Rumbia Sagu dalam negeri maupun luar negeri. Sagu di Meranti sangat terkenal semenjak Kabupaten Kepulauan Meranti di nahoda oleh Drs.H.Irwan MSI sebagai Bupati Kepulauan Meranti. Tim dari Provinsi Indonesia Timur yaitu Provinsi Papua rombongan datang ke Meranti Selatpanjang Studi banding untuk belajar mengolah sagu di Meranti ! karna sagu di Kepulauan Meranti Selatpanjang sudah terkenal.  
            Sunardi ketua kelompok tani Berkah Mandiri mengatakan ubi gajah katanya perkembangannya sangat bagus apabila di budidayakan di Kecamatan Tebing Tinggi Barat!. Oleh sebab itu kata Nardi kelompoknya sangat perlu mendapat dukungan dari Pemkab Meranti. (RAMLI ISHAK)



Post a Comment

0 Comments