Kesbangpol Provinsi Riau dan Pemkab Meranti Gelar Pemantapan Komunikasi Politik Partpol Se-Kabupaten Meranti


Meranti LHI.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau bekerjasama dengan Pemkab. Meranti menggelar kegiatan pemantapan komunikasi Politik Terhadap partai Poiltik Se-Kabupaten Kepualuan Meranti, kegiatan dalam rangka memberikan pengetahuan kepada Fungsionris Parpol tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis, SE MM, bertempat di Ballroom Hotel G rand Mernati, Selasa (25/5/2019)
Turut hadir dalam kegiatan itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau Drs. Chairul Rizki, M.Si, Kepala Kesbangpol Kabupaten Meranti, Nanrasumber Saiman Pakpahan Akademisi dari UNRI, Natawardana Akademi dai UIR, 50 Fungsionaris Parpol Se-Kabupaten Meranti dan lainnya.
            Dalam sambutannya Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Provinsi Riau, Drs. Chairul Rizki, M.Si mengatakan kegiatan ini sengaja digelar di Kabupaten Se-Riau khususnya yang akan menggelar Pilkada serentak di Tahun 2020 mendatang. Dan bagi Parpol sendiri menurut Kaban Rizki sangat penting karena Parpol merupakan salah satu Pilar Demokrasi.
“Semoga dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada semua Fungsionaris parpol adalam menjalankan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat”, ujar Kaban Kasbangpol Riau.
Pada kesempatan itu, Chairul Rizki juga menyinggung soal bantuan Pemerintah terhadap Parpol demi kelancaran pelaksanaan tugas dan fungsinya sesuai dengan Pasal 434 UU No. 7 Tahun 2017.
Menyikapi pelaksanaan kegiatan ini, disambut baik oleh Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis, SE.MM, dan mengucapkan apresiasi kepada Kasbangpol Provinsi Riau yang telah memfasilitasi kegiatan pemantapan komunikasi Parpol Se-Kabuapten Meranti. Sekda berharap melalui kegiatan itu dapat memberikan pengetahuan dan pemahaman pada fungsionaris partai dalam menjalankan tugas dan fungsinya di tengah masyarakat.

Lanjut S ekda, pelaksanaan kegiatan ini sangat tepat seiring Indonesia baru saja menggelar Pemilu Serentak Pilpres dan Pileg Tahun 2019.“Saya nilai kegaitan ini sangat tepat karena kita baru saja selesai mengelar Pemilu 2019, di Kepualuan Meranti yang berjalan dengan aman, sukses dan lancar, semua itu berkat komunikasi yang baik antara semua parpol yang ada dengan pemerintah serta masyarakat,” jelas sekda.
Selain itu, Sekda berharap semua pengetahuan yang diperoleh dari Narasumber semua dapat diaplikasikan para fungsionaris parpl sebagai salah satu Pilar Demokrasi dalam memberikan kontribusi positif kepada masyarakat salah satunya penyalur aspirasi masyarakat kepada pemerintah.
Pada kesempatan itu, Narasumber Saiman pakpahan memberikan pencerahan kepada Fungsionaris Parpol tentang bagaimana melakukan Komunikasi Politik yang baik ditengah masyarakat untuk mencapai tujuan Parpol, sementara Nata Wardana lebih mengedepankan pada pemanfaatan media yang difungsikan dalam menyampaikan pesan politik kepada masyarakat. Dari pantauan media, dua topik yang dibahas ini cukup mendapat perhatian dari peserta yang di ditandai yang cukup antusias melakukan tanya jawab dengan para Narasumber.
Sekdar Informasi, seperti disampaikan Ketua panitia Fery Yunadi dari Kesbangpol Provinsi Riau kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada peserta terkait begaimana melakukan komunikasi politik yang baik, dan meningkatkan peran parpol sebagai media komunikasi yang dapat diandalkan di masyarakat.
“Sesuai dengan perannya komunikasi politik bagi Parpol sangat penting karena tanpa komunikasi politik keberadaan Parpol ditengah masyarakat tidak akan berarti apa-apa”, jelas Fery.
Kegiatan ini sendiri berlangsung sehari yang diikuti oleh  50 Orang Fungsionaris Parpol Se-Kabupaten Meranti.  (Humas Pemkab Meranti / PONIATUN, ADV)

Post a Comment

0 Comments