Irjen Kemenhub Resmikan Pengoperasian Terminal Penumpang Bandar Sri Junjungan


Kota Dumai, LHI
Setelah sekian tahun lamanya dibangun hingga menghabiskan anggaran milyaran rupiah, terminal penumpang (BSJ) Bandar Sri Junjungan akhirnya resmi dioperasikan.Peresmian pengoperasian terminal penumpang BSJ langsung dilakukan oleh Inspektur Jendral Kementrian Perhubungan DR Wahju Satrio Hutomo pada hari Jum'at (01/2/19) di halaman parkir terminal.
            Berbagai rangkaian acara peresmian yang dihadiri oleh Walikota dan Wakil Walikota, KSOP, Kapolres, Dandim 0320, PT Pelindo I cabang Dumai dan instansi lainnya, juga dilakukan pengecekan kondisi dermaga penumpang.
            Sebagaimana diketahui, kondisi awal pembangunan dermaga penumpang pernah bermasalah sehingga pemerintah kembali mengucurkan anggaran puluhan milyar rupiah dari APBN.
DR Wahju Satrio Hutomo saat diwawancarai sejumlah media mengaku sudah mendengar dari Kepala KSOP (Kantor Kesyahbandaran dan Otorita Pelabuhan) kelas I Dumai dan sudah beberapa kali dimintai keterangan oleh penegak hukum (Kejari)."Prooses hukum berjalan terus dan Kementrian Perhubungan menginginkan aset ini jangan sampai tidak di optimalkan dan sayang dermaga ini adalah aset negara dan ini harus dimanfaatkan," ujar Wahju.
Berkaitan dengan keselamatan penumpang, Wahju menjamin dan bertanggung jawab karena tidak mungkin dermaga dioperasikan dengan tujuan tidak selamat."Kalau dilihat secara fisiknya,  dermaga ini sudah memungkinkan dan layak beroperasi. Namun belum maksimal karena masih terus dilakukan semacam uji coba dan kajian-kajian," kata Wahju.
Mengenai apakah dengan diresmikannya pengoperasian terminal BSJ juga akan turut memindahkan aktivitas yang ada di pelabuhan penumpang PT Pelindo I cabang Dumai, Irjen Kemenhub DR Wahju Satrio Hutomo menegaskan agar pihak terkait bersinergi."Perintah presiden bahwa seluruh hasil-hasil pembangunan milik pemerintah harus di optimalkan," tutup Wahju sambil berjalan. (S Nst)

Post a Comment

0 Comments