DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Bupati Meranti Serahkan DPA OPD dan Saksikan Penandatanganan Pakta Integritas Anti KKN


Selatpanjang ,LHI
Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si didampingi Wakil Bupati H. Said Hasyim melakukan penyerahan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dilingkungan Pemkab. Meranti sekaligus menyaksikan Penandatanganan Pakta Integritas Anti Korupsi, pada kesempatan itu Bupati Irwan, ingatkan setiap OPD untuk menggunakan anggaran tersebut dengan efektif, efisien dan tepat sasaran dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bertempat di Aula Kantor Bupati Meranti, Senin pagi (14/1/2019).Hadir dalam kegiatan itu, Sekretaris Daerah Kepulauan Meranti H. Yulian Norwis SE MM, seluruh Kepala OPD dan Pejabat Eselon II dilingkungan Pemkab. Meranti, Kabag Humas dan Protokol Meranti Hery Saputra SH, Para Camat dan pejabat lainnya.
            Dengan adanya penyerahan dokumen tersebut serta pagu anggaran pada kesempatan itu Bupati mengingatkan disetiap OPD untuk menggunakan anggaran dengan efektif, efesien dan tepat sasaran dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat  sampai kedesa- desa sampai sekabupaten meranti.
Dari untaian rangkaian DPA dan OPD yang diserahkan Bupati Meranti  anggaran terbesar diperuntukkan adalah dinas pekerjaan umum dan tata ruang sebesar Rp. 279.6 Miliar lebih kebijakan itu diambil?, menurut bupati untuk memberikan peningkatan pembangunan Infrastruktur secara Senifikan hal tersebut sesuai dengan Komitmen kepala daerah untuk menggesa pembangunan Insfrastruktur yang berujung pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. Karena pembangunan Infrastruktur akan memberikan dampak pada kemudahan akses orang dan barang dan memberikan kemudahan di sektor yang lain imbuh bupati. Pagu anggaran terbesar kedua diperuntukkan di Dinas Pendidikan Sebesar Rp.277.6 Miliar lebih bertujuan agar OPD tersebut mampu meningkatkan kapasitas dan kualitas mutu SDM di Kabupaten Kepulauan Meranti.
Pagu anggran ketiga terbesar dikelola Dinas Kesehatan Kepulauan Meranti, dengan pagu anggran sebesar Rp. 106 Miliar lebih untuk menjamin dan mendukung pelayanan kesaehatan yang prima kepada masyarakat sesuai dengan komitmen Pemda Meranti. Dalam meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat tergambar jelas pada D.P.A masing-masing OPD jelas Bupati Meranti.
Dengan penyampaian DPA, maka OPD tersebut otomatis seluruh kegiatan sudah dapat di jalankan oleh sseluruh O.P.D untuk mempercepat proses pelaksanaan agar kebijakan yang di anggapkan dalam DPA dapat berjalan dengan baik terkendali bebas KKN yang dapat merugikan Keuangan Daerah.
Dengan adanya peningkatan pagu anggaran di setiap OPD di PEMDA Meranti hingga ratusan milyar dan puluhan milyar di setiap OPD ?, Bupati meniadakan kegiatan-kegiatan yang sifatnya tidak penting dan juga sifatnya tidak mendesak dan sebaliknya. Hasil pantauan LHI,. Gambaran pagu anggaran  tahun 2019 menurut bupati peningkatannya sangat signifikan menjadi Rp. 1.4 Triliun, tahun 2018 hanya Rp. 1.1 Triliun saja.
Bupati mengatakan kepada seluruh OPD agar kebijakan yang telah di anggarkan dalam DPA  untuk mempercepat proses pelaksanaan agar kebijakan yang telah di anggarkan dapat berjalan dengan baik terkendali, terukur, dan transparan sesuai dengan peraturan yang berlaku (RAMLI ISHAK)***

Post a Comment

0 Comments