Hujan Deras Di Pangandaran Mengakibatkan Tebing Setinggi 5 M Longsor Dan Menutupi Jalan


Pangandaran – LHI.

Tebing setinggi lima Meter longsor di saat hujan deras mengguyur Kabupaten Pangandaran, akibat kejadian itu setengah badan jalan nasional Kalipucang- Pangandaran sempat tertutup timbunan.

Kejadian terjadi Pukul 19.30 Wib malam Dusun Empangsari blok emplak Desa Kalipucang Kecamatan Kalipucang Kabupaten Pangandaran Jawa Barat.

Lalu lintas pun dari arah Pangandaran juga Kalipucang pun di lakukan buka tutup selama proses Evakuasi namun tidak menimbulkan longsoran matrial di karenakan arus lalu lintas sedang sepi kendaraan.

Dari pihak Masyarakat, Muspika Kecamatan, Tagana, PKDM, BPBD, BINA MARGA, langsung melakukan evakuasi matrial yang menutupi setengah badan jalan dengan menggunakan alat seadanya lalu di lanjutkan pembersihan sisa sisa matrial yang masih berserakan di jalan oleh Pemadam Kebakaran Kabupaten Pangandaran.

Nana Sukarna selaku Camat Kalipucang mengatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun di awal sedikit tersendat bagi para pengendara itu pun tidak menimbulkan kemacetan arus lalu lintas lancar.

Saat evakuasi berlangsung arus lalu lintas lancar, karena sepi kendaraan meskipun di lakukan buka tutup dari arah Kalipucang juga Pangandaran," ucapnya saat di temui di kejadian Longsor Senin 03/04/2022 malam.

Menurutnya, beruntung saat kejadian arus lalu lintas sedang sepi jadi tidak ada korban jiwa atau kendaraan yang terkena longsoran tersebut.

Ketinggian tebing kata Nana, sekitar 5 Meter dan longsoran matrial sampai ke badan jalan hingga 3 Meter.

"Prosesnya pun lumayan lama hingga 3-4 jam, karena awal di kerjakan dengan alat tradisional seadanya lalu di sambung oleh Damkar dengan di semprot, selain menyingkirkan sisa sisa matrial longsor juga agar tidak licin dan aman bagi pengendara," ungkapnya.

Kalau terjadinya di siang hari, tidak tahu seperti apa, tambah Nana, kemungkinan akan mengalami kemacetan, beruntungnya malam hari di saat warga masyarakat sedang melaksanakan aktivitas salat tarawih, pungkasnya. (AS)

Post a Comment

0 Comments