DPD ASPEPORIN Kabupaten Pangandaran Adakan Seminar Bedah Porang Dengan Agenda Siklus Budidaya Porang dan Pengukuhan DPD ASPEPORIN Kabupaten Pangandaran

 


Pangandaran LHI

Melihat potensi porang yang cukup menjanjikan, semakin banyak para petani di Kabupaten Pangandaran melirik dan ikut membudidayakan tanaman porang

Salah satunya adalah Asosiasi Asuhan Petani Porang Indonesia (ASPEPORIN) Kabupaten Pangandaran melakukan kegiatan Seminar Bedah Porang di RM Bukit Baruno Langkaplancar, Kabupaten Pangandaran pada Rabu (8/2/2022).

Pada kegiatan seminar bedah porang tersebut di isi dengan agenda kegiatan siklus budidaya Porang di akhir musim dan pengukuhan DPD ASPEPORIN Kabupaten Pangandaran.

Hadir pada kegiatan seminar bedah Porang tersebu, Ketua DPP ASPEPORIN yang di wakili Sekjen DPP ASPEPORIN Yopi Taryo Djoyo Prayoga, Ketua DPD ASPEPORIN Kabupaten Pangandaran Tarli Sutarli, Kadis Pertanian Kabupaten Pangandaran yang di wakili Kepala Bidang Kelembagaan, para ketua DPD ASPEPORIN se-jawa Barat dan puluhan petani porang yang tergabu di ASPEPORIN Kabupaten Pangandaran.

Di sela kegiatannya, Tarli Sutarli selaku Ketua ASPEPORIN  DPD Pangandaran mengatakan, setelah terbentuk asosiasi ini maka diharapkan para petani porang yang ada di Kabupaten Pangandaran dapat terpasilitasi, terasuh, dan terbudidayakan.

Hal yang di maksud terasuh, atau terbudidayakan tersebut, kita bisa mempasilitasi dalam berbagai hal, seperti pencarian permodalan, Ling modal, edukasi tentang cara tanam dan yang terakhir yang tak kalah penting adalah pasar.

Pengolah paska panen pasarnya harus jelas, masih kata tarli, kalau tidak jelas pasarnya, mau bagai mana ada semangat para petani untuk menanam porang, maka dengan adanya asosiasi ASPEPORIN para petani porang di kabupaten Pangandaran tidak merasa was was lagi.

"Jadi dengan terbentuknya ASPEPORIN di Kabupaten Pangandaran, nantinya pendataan para petani pun akan lebih jelas, budidayanya jelas, pasarnya pun jelas, pungkas tarli.

Setela usai acara, rombongan DPP, DPD ASPEPORIN beserta Dinas pertanian langsung melaksanakan peninjauan lokasi penanaman porang yang tidak lama lagi akan panen. (AS)*

 



Post a Comment

0 Comments