DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Waliyunis Dilantik sebagai Geuchik Glumpang Sulu Timu, Ketum PPWI Ucapkan Selamat

Lhoksukon – LHI.

Camat Nawafil Mahyudha, S.STP atas nama Bupati Aceh Utara melantik dan mengukuhkan Waliyunis sebagai Geuchik Glumpang Sulu Timu masa bakti 2021-2027. Prosesi pengambilan sumpah sekaligus pelantikan dan pengukuhan Waliyunis dilangsungkan di ruangan Kantor Camat Dewantara di Krueng Geukuh, Kamis pagi (18/11/21).

Prosesi pengambilan sumpah ikut dilakukan oleh Kepala KUA Kecamatan Dewantara, Tgk Saifullah, S.Ag. Turut menyaksikan antara lain Kapolsek Dewantara, AKP Zaflaini; Danramil Dewantara, Kapten CHB Edi Wijaya; Imum Mukim dan tokoh masyarakat setempat.

Mengetahui hal tersebut, Ketua Umum Persatuan Pewarta Warga Indonesia (PPWI), Wilson Lalengke, S.Pd, M.Sc, MA, mengaku sangat senang dan bangga atas pencapaian yang diperoleh Waliyunis sebagai Geuchik (Kepala Desa) di desanya. "Saya senang dan bangga atas prestasi dan pencapaian adinda Waliyunis yang merupakan anggota PPWI di Aceh Timur. Atas nama keluarga besar PPWI, saya ucapkan selamat kepada Waliyunis. Untuk itu, mohon jalankan amanah masyarakat Desa Glumpang Sulu Timu dengan baik, jangan kecewakan warga yang sudah menumpangkan harapannya kepada Waliyunis sebagai Geuchik," kata Wilson Lalengke dari perjalanannya ke Kendari kepada media-media, Kamis, 18 November 2021.

Pantauan pewarta di lokasi pelantikan, acara pelantikan ini digelar mengikuti protokol kesehatan dengan jumlah tamu terbatas. Namun demikian, prosesi berlangsung lancar dan penuh hikmad.

Seusai dilantik dan dikukuhkan, mantan Ketua Pemuda Glumpang Sulu Timu ini diminta untuk menyampaikan kata sambutan perdana sebagai geuchik. Waliyunis dalam kata sambutannya mengatakan kerinduan masyarakat Glumpang Sulu Timu akan kehadiran sosok geuchik definitif akhirnya tersampaikan.

"Cukup lama menunggu, sudah 2 tahun kepemimpinan di gampong dijabat oleh Pj Geuchik. Beberapa kali diagendakan pemilihan namun batal seiring dengan larangan kerumunan di masa pandemi Covid-19," kata Wali.

Alhamdulillah, tambahnya, dengan kegigihan panitia pemilihan geuchik (P2G) dan stake holder terkait sehingga Pilchik dapat dilakukan beberapa waktu lalu. Waliyunis juga mengharapkan dukungan segenap pihak agar sukses dalam menjalankan tugas sebagai geuchik.

"Saya masih muda, dari pengalaman minim, mohon bimbingan seluruh pihak agar kami dapat menjalankan tugas dengan sebaik-baiknya," ujar mantan Ketua DPW PDA Aceh Utara ini dalam kata sambutan perdananya.

Sementara itu, Camat Dewantara, Nawafil Mahyudha, dalam kata sambutannya mengucapkan selamat atas pelantikan dan pengukuhan Waliyunis sebagai Geuchik Glumpang Sulu Timu. Camat mengapresiasi kerja keras P2G mengingat rata-rata daftar pemilih di Kecamatan Dewantara berada di angka seribu pemilih. Sehingga mendapat pengawasan ketat oleh tim satgas Covid-19.

Dalam amanatnya, Camat berpesan kepada Waliyunis agar masuk dan patuh dalam sistem pemerintahan. "Kami hanya berpesan setelah dilantik agar masuk ke dalam konsep pemerintah. Dalam sistem pemerintahan ada batasan-batasan yang harus diikuti. Ada kebijakan-kebijakan yang kadang tidak populer di masyarakat namun harus dilakukan. Percayalah bahwa kebijakan pemerintah yang tidak populer itu juga bertujuan melindungi masyarakat," kata Camat. 

Ia menyebut salah satu contoh yakni sistem penganggaran Dana Desa yang terus dinamis selama pandemi mengikuti instruksi dan Peraturan Menteri Keuangan.

Dalam akhir amanatnya, Camat Nawafil mengingatkan Geuchik Waliyunis yang merupakan salah satu anggota PPWI Aceh sejak 2013 ini agar segera mencari pendamping hidup. Diketahui, pria kelahiran Oktober 1987 ini masih berstatus lajang alias jomblo.

"Pak Geuchik agar segera mencari pendamping. Peranan Ibu PKK di gampong sangat penting dalam memperkuat roda pemerintahan. Jangan bebankan lagi tugas Ketua PKK kepada Ibu Sekdes," ujar Camat di akhir sambutan yang mendapat respon riuh tamu dan undangan yang hadir. (Nopri PPWI/Red)

Post a Comment

0 Comments