Disinyalir Pelaksanaan Pembuatan Drainase dari Dana Desa di Desa Bandar Putih, Kecamatan Abung Kunang Tidak Sesuai Dengan Spesifikasi Pekerjaan


Lampura, LHI
Disinyalir pelaksanaan pembuatan siring pasang (drainase) Dana Desa  di Desa Bandar Putih, Kecamatan Abung Kunang  tidak sesuai dengan spesifikasi  pekerjaan dengan cara mengurangi material.Hal itu berdasarkan hasil pantauan awak media yang melakukan investigasi pekerjaan di Desa tersebut. Sabtu 09/05/2020.
            Sebagaimana hasil cek dan ricek sejumlah wartawan yang menyambangi Drainase type 40x40 P, sepanjang 580 meter dengan menghabiskan Dana Desa tahun 2020 sebesar Rp 160. 661.000 itu, tidak Mengunakan batu split pada bagian lantai dasar siring oleh pekerja, selain itu juga pemasangan batu berdiri dan ditambah disela sela pasangan batu diberi tanah dan batu bata. Begitu pula bagian atas Balai Dusun yang mengalami rehab, yakni antara diatas plafon dan atap bangunan tidak diplaster, acian dan dicat serta tidak ada nya pemasangan cor beton, oleh tukang.
Diduga ada unsur korupsi yang dilakukan oleh pencari keuntungan pribadi pada pekerjaan tersebut.
Menurut keterangan tukang yang mengaku bernama Wandi saat ditemui di lokasi pekerjaan menjelaskan, pelaksanaan pembuatan siring pasang hampir 3 bulan dan saat ini yang baru dikerjakan 280 meter, kata tukang.
Masih penjelasan Wandi, dirinya bekerja atas perintah Kades langsung dan sementara bahan material bangunan nya ini saja, jelasnya."Mengenai batu split itu ada tetapi masih didepan Puskesmas."
            Ketika ditanya batu split itu seperti apa ??? Wandi mengatakan yakni pasir kasar.
            Saat hendak diminta tanggapannya, Sabtu 09/05/2020, Kades Bandar Putih Handarsyah tidak ada dirumah.
            Diduga dengan tidak sesuainya sfek pekerjaan itu, maka secara otomatis telah merubah Rencana Anggaran Belanja (RAB) Dana Desa (DD) tahun 2020.
            Dengan demikian kemungkinan kwalitas drainase kurang baik serta mudah rusak jika debit air mulai mengalir disiring pasang tersebut.(Team PPWI)

Post a Comment

0 Comments