DPRD OKU Selatan

DPRD OKU Selatan
Marhaban Yaa Ramadhan

Wakil Bupati Buka Festival Lokal Makanan Sangat Bergizi yang Terbuat dari Sagu Tahun 2019 di Aula Afifa Futsal Selatpanjang Kabupaten Meranti


Meranti LHI.
Bupati Kepulauan Meranti Drs. Irwan, M.Si, sangat gencar mempromosikan sagu di Kepulauan Meranti sehingga terkenal dalam negeri maupun luar negeri ! Sehingga dari Indonesia timurpun! Propinsi Papua belajar mengolah sagu di Meranti. Pada tanggal 19-07-2019, Drs. H. Said Hasyim membuka secara resmi Festival Pangan Lokal Beragam dan Bergizi seimbang aman (B2SA) Tingkat Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2019, melalui kegiatan tersebut wakil Bupati beraharap para Ibu-ibu khususnya Tim Penggerak PKK dapat lebih kreatif dan inovatif dalam menciptakan Panganan berbaisis dari Sagu yang sangat bergizi masyarakat maupun keluarga !
             Didalam acara tersebut turut hadir Ketua Tim Penggerak PKK Kepulauan Meranti Hj. Nirwana Sari Irwan, Ketua BKMT Meranti Hj. Syamsiar Said Hasyim, Kepala Dinas Perkebunan dan Hortikultura T. Efendi, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kepulauan Meranti ! Perwakilan Disperindag Meranti, Penggerak PKK dan lainnya ! Dalam penyampaian panitia tersebut ! Penyelenggara dalam hal ini sekretaris dinas ketahanan pangan dan peternakan Kepulauan Meranti ! Pangan Merupakan kebutuhan dasar masyarakat harus terpenuhi bukan hanya sekedar nikmat tapi juga harus bergizi dan aman dalam segi kesehatan manusia.
Untuk itu, dan acara kegiatan festival tersebut panitia berharap kepada para ibu-ibu yang tergabung dalam Tim Penggerak PKK Kepulauan Meranti, dapat berinovasi dan kreatif dalam menciptakan aneka pangan di segala bidang supaya bisa dinikmati serta bergizi, supaya dapat dimanfaatkan pangan lokal dari sagu Kepulauan Meranti memiliki potensi sagu yang sangat terkenal !
            Mari kita ciptakan bermacam-macam aneka pangan yang bermutu bernilai tinggi bernuansa nasional supaya tercipta makanan yang mampu di perlombakan di tingkat Propinsi dan tingkat Nasional, imbuh Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan Meranti.
Dan yang sangat penting kualitas makanan yang diciptakan dari sagu supaya dapat diciptakan para ibu-ibu di Desa dan Kecamatan, selain itu untuk menambah penghasilan keluarga dalam upaya meningkatkan ekonomi kerakyatan.
Menanggapi hal tersebut ! Wakil Bupati sangat menyambut baik, ia berharap kegiatan ini tidak sekedar senasional tapi hendaknya benar-benar mampu memanfaatkan potensi sagu meranti yang di kreasikan menjadi aneka makanan yang nikmat dan bergizi bukan saja untuk pemenuhan panganan keluarga tapi juga untuk mengatasi setanting atau gizi buruk dan peningkatan ekonomi masyarakat ! di situlah dibutuhkan peran dari PKK Desa dan Kecamatan bersama Dinas Kesehatan dan terkait lainnya dapat mensosialisasikan bagaimana menciptakan makanan yang sehat, nikmat dan berizi sehingga masalah stating di Meranting yang masih cukup tinggi dapat diatasi, Himbau Wakil Bupati !
Lebih lanjut dijelaskan Wakil Bupati masalah setentang terjadi karena beberapa hal, pertama seperti kemiskinan dan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya makanan bergizi, untuk itu Wakil Bupati juga berharap PKK Meranti bisa membina masyarakat untuk memberikan pengetahuan tentang pentingnya menjaga Gizi Keluarga. Sebab dengan kondisi meranti saat ini wakil Bupati menilai tidak mungkin terjadi stating apa lagi Meranti memiliki tanah yang sangat subur dan laut yang luas dan potensi alam yang besar ! jadi masalah saat ini stanting terjadi akibat kurangnya pengetahuan manusianya yang makan hanya sekedar kenyang tanpa memikirkan kandungan gizinya” Jelas Wakil Bupati.
Wabup juga mendorong masyarakat dari Kota hingga desa untuk mengkonsumsi sagu karena sudah terbukti lebih menyehatkan ! kaya karbohidrat dan renah gula. (Humas Pemkab / PONIATUN, ADV ).


Post a Comment

0 Comments