Wiyono, Petani Muda Sukses Gunakan Produk Barta Agro

.
 
Kota Dumai, LHI
Pengalaman dan pengetahuan serta dukungan keluarga menjadi bagian penting untuk mewujudkan harapan yang di cita-citakan.Menekuni pekerjaan sebagai petani di usianya yang masih tergolong muda menjadi sebuah  kebanggaan tersendiri.
            Wiyono (21), pemuda yang kini berprofesi sebagai petani cabai di kecamatan Sei Sembilan kota Dumai mampu membuktikan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya saat ini.Minggu (2/1218), ketika di temui saat panen cabai dilahan milik keluarganya, Wiyono sangat berterima kasih atas bimbingan dan motivasi yang diberikan oleh Saipul seorang distributor Riau dari produk Barta Agro.
Diakui Wiyono, sebagai seorang petani cabai dengan luas lahan lebih kurang 1/2 hektar dan dengan jumlah tanaman sekitar 12 ribu batang, dirinya harus menggunakan tenaga/ jasa orang lain (warga sekitar) untuk membantunya dengan hitungan pembayaran upah perhari. Namun khusus untuk perawatan tanaman cabainya ia lakukan sendiri.
            "Kalau kita hitung biaya yang dikeluarkan untuk penanaman cabai tidak terlalu besar. Pengolahan lahan secara manual (cangkul) dan penggunaan obat-obatan yang berlebihan atau tidak tepat sasaranlah yang membuat biaya semakin besar.Tapi alhamdulillah dengan bimbingan dan saran yang di berikan oleh pihak Barta Agro sampai hari ini, hasil panen cabai buah pertama sudah mencapai 4 ton dengan jumlah kutipan sebanyak 22 kali," ungkap Wiyono.
            Ditempat yang sama, Saipul seorang distributor Barta Agro wilayah Riau membenarkan apa yang disampaikan Wiyono.Menurut Saipul, ada kebanggaan tersendiri bagi dirinya ketika melihat seorang pemuda mau berbagi ilmu tentang pertanian.
            "Terus terang, saya sebagai distributor Barta Agro wilayah Riau dengan produk andalan POC Daun Emas, Klorophos, Calsimex dan Master-O masih tahap belajar menggali pengetahuan tentang pertanian. Yang menjadi tujuan pertama ketika bertemu dengan petani tidak lain adalah untuk menjalin silaturrahmi sekaligus saling bertukar pengalaman," terang Saipul yang juga berprofesi sebagai petani.***(S Nst/IKLAN)))

0 komentar:

Post a Comment

Retromantic 9

Retromantic 9

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR