UPT Puskesmas Jamanis Gelar Penyuluhan " Stunting " Kepada Kader Posyandu

.

Kab.Tasik LHI
Pada hari Kamis (6/11/2018),  UPT Puskesmas Jamanis   mengadakan penyuluhan kepada kader Posyandu guna menambah dan memantapkan pengetahuan para kader Posyandu dalam pencegahan " Stunting " diwilayah kerja Puskesmas Jamanis, bertempat di aula puskesmas setempat. Pemateri dalam kegiatan tersebut Ema Wahyuni,A.Mg ahli Media Gizi Puskesmas Jamanis. Adapun peserta yang diberi penyuluhan semua ketua kader Posyandu sekecamatan Jamanis meliputi 8 desa.
            Kepala UPT Puskesmas Jamanis H.Hani Hariri, SKep, Ners, M.MKes ketika dikonfirmasi LHI mengatakan, tujuan diselenggarakanya acara tersebut adalah untuk memberikan pengetahuan kepada kader Posyandu mengenai apa itu Stunting. Dengan mengetahui dan memahani Stunting diharapkan para kader Posyandu bisa menyampaikan kepada masyarakat cara menangani Stunting. Yang pada akhirnya Stunting diwilayah kerja Puskesmas Jamanis dapat ditangani.
            "Stunting adalah kondisi anak mengalami gangguan pertumbuhan sehingga menyebabkan ia lebih pendek ketimbang teman-teman seusianya. Banyak orang tidak tahu mengenai kependekan tubuh tersebut sebenarnya itu adalah masalah pertumbuhan anak. Seperti kekurangan asupan gizi semenjak anak dibawah usia 2 tahun. Oleh karena itu hal tersebut perlu ditangani dengan segera. Kami berupaya dengan cara memberikan pembekalan pengetahuan kepada kader Posyandu agar mengetahui apa itu Stunting dan kemudian bisa memberikan penyuluhan kepada masyarakat ditempat mereka berada bagaimana cara mencegah Stunting" kata H.Hani Hariri.
            Adapun dampak buruk yang ditimbulkan akibat Stunting, H.Hani Hariri mengatakan, dalam jangka pendek terganggunya perkembangan otak anak, kecerdasan, gangguan peetumbuhan fisik dan gangguan metabolisme dalam tubuh. Sedangkan dalam jangka panjang menurunya kemampuan kognitif dan prestasi belajar, menurunya kekebalan tubuh sehingga mudah sakit dan resiko tinggi untuk munculnya penyakit diabetes, kegemukan, penyakit jantung dan pembuluh darah, kanker, stroke dan disabilitas pada usia tua. "Stunting sungguh sangat berbahaya. Oleh karena itu kami perlu segera menanganinya agar tidak meluas diwilayah kerja Puskesmas Jamanis" kata H.Hani Hariri. (ASEP SUDRAJAT)***


0 komentar:

Post a Comment

Retromantic 9

Retromantic 9

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR