HTM Cuma 5 Ribu, Wana Wisata Situ Mustika Taman Anggrek Kota Banjar Resmi Di Buka

.
Kota Banjar Jabar, LHI,- Tempat wisata Situ Mustika Banjar kini tidak hanya sebatas situ akan tetapi telah menjadi Wana Wisata Situ Mustika Taman anggrek dilengkapi dengan wahana lainya seperti istana balon, wisata edukasi, wisata air, wisata kuliner serta ploating market. Semuanya terinovasi berkat sentuhan tangan ahli kepariwisataan dan pihak terkait yang peduli akan kemajuan kemandirian Kota Banjar.

Wana wisata mustika taman anggrek telah dibuka kembali Selasa (25/12/2018) setelah dalam kurun waktu 6 bulan di renovasi menjadi satu - satunya wahana wisata yang mengadopsi alam (taman anggrek) di wilayah Provinsi Jawa Barat. Wana Wisata Situ Mustika Taman Anggrek berada tepat berdampingan dengan rest area Banjar Atas (B.A), lokasi wisata sangat strategis dikarenakan berada di Jalan Nasional yang menghubungkan Jalan Nasional Banjar - Ciamis - Bandung juga arah Jalan Banjar - Pantai Pangandaran dan Jalan Nasional Banjar menuju Jawa Tengah.

Dalam sambutanya perwakilan pihak pengelola swasta dari satu keluarga asal pribumi Kota Banjar Den Ato menerangkan bahwa dirinya termotifasi dari sang Ayah dan Ibunya yang mana kedua orang tuanya tidak terlalu bangga akan keberhasilan anak - anaknya yang sukses hanya di luar kota saja. Tapi akan merasa bangga apabila dapat memajukan kemandirian di tempat kelahirannya yakni Kota Banjar. Bermuara dari motifasi hal tersebut akhirnya melahirkan inovasi Wana Wisata Mustika Taman Anggrek yang berbasis edukasi serta menggaet para UMKM kuliner guna bersama - sama mengembangkan dan memajukan Kota Banjar secara mandiri.

"Orang Tua kami tidak bangga dengan hanya keberhasilan anaknya di luar daerah, Ayah dan Ibu kami akan bangga jika anak - anaknya berhasil mengembangkan daerah asalnya" Ungkap Den Ato selaku pengelola Situ Mustika Taman Anggrek.

Soft opening Wana Wisata Taman Anggrek Kota Banjar di hadiri oleh sejumlah pejabat Perhutani, Pemerintah Kota Banjar dan masyakarat umum lainya. Hadir Walikota dan Wakil Walikota Banjar yang baru dilantik Hj. Ade Uu Sukaesih dan Nana Suryana, dalam sambutanya Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih sangat mengapresiasi penuh atas pembangunan inovasi kreatif yang edukatif terkait wahana - wahana wisata situ mustika Banjar.

"Terima kasih telah ada satu keluarga pribumi yang peduli kepada Kota Banjar, orang pribumi Banjar sudah seharusnya bukan hanya jadi penonton akan tetapi mari kita jadi pelaku pemeran kemajuan Kota Banjar khususnya aspek kepariwisataan" Tutur Walikota Banjar Hj. Ade Uu Sukaesih yang sekaligus menandatangini prasasti pembukaan Situ Mustika Taman Anggrek.

Upacara adat kedaerahan serta potong tumpengpun di laksanakan dan para tamu dan masyarakat langsung berkeliling mengunjungi Wahana Wisata yang baru saja diresmikan. Pihak pengelola Situ mustika membagikan dana santunan kepada anak yatim dan warga yang kurang mampu.

Wakil Walikota Banjar Nana Suryana bersama keluarga besar pihak pengelola, Kapolresta Banjar, Ketua DPRD Kota Banjar melakukan persemian gunting pinta sebagai tanda di bukanya Wana Wisata Mustika Taman Anggrek Kota Banjar. Pihak pengelola memberikan cinderamata berupa pohon anggrek kepada Wakil Walikota Banjar Nana Suryana, Kapolres Banjar AKBP. Matrius, Ketua DPRD Kota Banjar Drs. Dadang Ramdhan Kalyubi serta para pejabat lainya yang hadir.

Wakil Walikota Banjar Nana Suryana mengungkapkan kepada LHI setelah melakukan upacara gunting pita Mustika Taman Anggrek  "Magnet Kota Banjar untuk menarik orang-orang di luar kota Banjar masuk ke wilayah kota banyak yang mau ke Pangandaran Jangan cuma lewat. Saya pengen lihat Taman Anggrek dulu ah turun di Banjar. Insya Alloh akan ke cipratan ekonomi.  Banyak yang kita punya potensi alam yang tidak dimiliki seperti yang lain, kita jangan menangis tidak punya pantai karena memang kondisi kita tidak di pantai, kita janganlah ingin seperti Jogja karena kita tidak punya Borobudur tetapi kita punya situ mustika. Dan ini terbukti ketika ada inovasi yang luar biasa dari seseorang atau satu keluarga yang berpikiran tinggi, hal ini bisa jadi menarik wisatawan dari luar kota berkunjung ke Kota Banjar. Belum lagi kita punya Curug Panganten, wisata pejamben ada juga situs di Mulyasari, ada situ Leutik. Ya Jadi serahkanlah konsep inovasinya kepada ahlinya, biar tidak salah kaprah. Kalau saya belum tentu bisa mengkonsep sedemikian rupa seperti ini, akan tetapi karena beliau ini ahlinya jadi apa sih sebetulnya yang kemudian bisa dijadikan magnet untuk orang datang berkunjung?
Mari kita sambut awal yang baik ini dengan dibukanya situ mustika atau mustika Taman Anggrek ini, Mari kita sambut bersama-sama dengan bahagia dan Mari kita bantu untuk mempromosikan Bagaimana caranya tujuan kita bersama Banjar jadi tujuan wisata itu bisa terealisasi. Karena kalau Banjar sudah jadi tujuan wisata, Insya Allah investasi tentang Hotel segala macam pasti akan datang dengan sendirinya" Kata Wakil Walikota Banjar Nana Suryana.

Pihak pengelola Den Ato menegaskan inovasi Situ Mustika yang mana kebanyakan wisata lainya lebih ke wisata air, untuk itu Wana Wisata Situ Mustika lebih memiliki khas yaitu Mustika Taman Anggrek.

"Begitu pula wahana airnya di kita ada jetski berbeda dengan wisata air lainnya. kita di sini baru pengenalan Nanti ke depannya akan ada Kampung otomotif. Ada beda dengan di kampung otomotif ini temen - temen Ayo kita harus menjadikan peluang bisnis. Cara mendatangkan toko gimana cara merestorasi otomotif gimana langkahnya" Ujar Den Ato.

Den Ato menegaskan kembali Wana Wisata Taman Anggrek akan memberikan kejutan wahana - wahana baru pertiga bulan sekali. Pengembangan Situ Mustika lebih kepada pemberdayaan, edukasi, para UMKM di Kota Banjar dan semua pihak guna bersama - sama maju bersama tentunya dengan mengikuti manajemen pengelolaan dari kami yang bertujuan menciptakan kepedulian kemandirian memajukan Kota Banjar khususnya Wana Wisata Situ Mustika Taman Anggrek. (Eky)

0 komentar:

Post a Comment

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR