Petani Barta Agro Kota Dumai Ciptakan Alat-Teknologi Pertanian

.
Kota Dumai, LHI
Bercocok tanam tidak lagi menjadi sebuah pekerjaan sampingan untuk memenuhi perekonomian keluarga bagi seorang petani.Dengan keseriusan, ketekunan dan keyakinan yang ditanamkan dalam menjalankan profesi sebagai seorang petani, bercocok tanam dapat memenuhi kebutuhan hidup keluarga dan bahkan bisa melebihi penghasilan dari pekerjaan lainnya.
            Subinar panggilan akrabnya adalah salah seorang petani Barta Agro yang berdomisili di Kelurahan Tanjung Penyebal Kecamatan Sei Sembilan Kota Dumai yang dapat merasakan dan menikmati hasil tanaman cabainya saat ini.
            Sebagai petani Barta Agro dengan produk unggulannya POC Daun Emas, Klorophos, Calsimex dan Master O, Subinar saat bertemu di lahan cabainya selalu berfikir bagaimana caranya agar biaya/ modal petani  bisa terjangkau sehingga dengan mudah melakukan pekerjaan untuk perawatan tanaman mulai dari penyir├áman, pemupukan serta penyemprotan hama dan penyakit.
             Subinar mengaku, ada 3 (tiga) alat bantu untuk memudahkan pekerjaan petani. Springkel adalah salah satu alat yang berfungsi untuk melakukan penyiraman tanaman berhasil  dimodifikasinya dengan biaya yang lebih murah.Untuk 2 (dua) alat bantu lain dari hasil karyanya sendiri adalah alat penajuk pupuk dan alat fogging yang berfungsi untuk memudahkan melakukan pemupukan dan penyemprotan hama tanaman.
            "Memang alat bantu pertanian yang saya ciptakan seperti penajuk pupuk dan fogging ini belum saya perjual belikan karena perlu di modifikasi lagi agar lebih maksimal. Namun alat tersebut sudah bisa digunakan. Setelah alat ini disempurnakan, rencananya dalam waktu dekat kiita akan menemui BPATP (Balai Pengelola Alih Teknologi Pertanian) sebagai kuasa pendaftaran HKI (Hak Kekayaan Intelekrual) yang ditunjuk oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian sesuai dengan Undang undang nomor 19 tahun 2002 tentang Hak Cipta," tutup Subinar.***S Nst

0 komentar:

Post a Comment

Retromantic 9

Retromantic 9

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR