Pemdes Gogok Darussalam Usai Membangun Jalan Sibuah

.

Selatpanjang,  LHI.
Desa Gogok Darussalam termasuk dalam wilayah Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti.Baru-baru ini LHI turun ke lapangan di Desa Gogok Darussalam sesampainya di desa tersebut, Kepala Desa Gogok Darussalam Suprapto sedang mengawasi pekerjaan jalan yang dikerjakan oleh masyarakat jalan tersebut bernama Jalan Sibuah sepanjang 96 meter lebar 2,20 m. Dananya berasal dari dana bantuan dana desa Tahun 2018.  
                  Desa gogok adalah sebuah desa perkebunan dan pertanian yang sangat subur untuk masyarakat di Desa tersebut! Letaknya pun sangat strategis, berdekatan dengan Kecamatan Tebing Tinggi Selatpanjang, sebuah Ibukota Kabupaten Kepulauan Meranti.
                  Jalan Poros dari Ibukota Selatpanjang sudah di Hokmik sampai ke Desa Gogok Darussalam, dengan mulusnya Jalan Poros tersebut tidak adalagi hambatan bagi masyarakat petani dan perkebunan desa gogok untuk membawa hasil pertaniannya ke Kota Selatpanjang, hasil perkebunan tanaman masyarakat yang sangat menonjol adalah tanaman ubi dan jagung serta sayuran dan lain-lain.
                  Di sepanjang pertengahan Jalan Poros Desa Gogok Darussalam di pinggir jalan terlihatlah masyarakat menjual ubi dan jagung sebagai oleh-oleh masyarakat tempatan yang berlalu lintas yang melewati desa gogok.
                  Desa Gogok Darussalam terletak dipinggir Selat, dibatasi oleh Sungai Perumbi melalui sebuah jembatan penyeberangan menuju Desa Alai dan Desa Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat, karena Kantor Camat berada di Desa Alai, jembatan penyeberangan tersebut dibangun semasa Selatpanjang masih Kabupaten Bengkalis, Bupatinya Dr. H. Syamsurizal SE, MM.
                  Secara alami Desa Gogok Darussalam punya potensi di bidang pertanian dan perkebunan tanahnya sangat subur bagi tanaman muda seperti ubi, jagung, sayur mayur, apabila di menet pihak-pihak yang terkait.Rata-rata petani di Desa Gogok mengolah lahannya secara manual alias turun temurun sehingga perkembangannya secara alami.
                  Petani dan perkebunan tanaman muda seperti ubi, jagung, pisang, sayur dan lain-lain. Sangat perlu mendapat penyuluhan dan bimbingan dari Dinas Pertanian dan Perkebunan.
Di Desa Gogok Darussalam sudah terbukti, penghasil ubi dan jagung serta tanaman muda yang lain –lainnya.
                  Desa Gogok juga terdapat beberapa pengusaha yaitu Pengusaha Kilang Dapur Arang, Pabrik Sahon, Sarang Burung Walet, tempat usaha aspal goreng dan juga di bangun gedung Kantor Kapolres Kepulauan Meranti, mudah-mudahan Desa Gogok yang akan datang menjadi Desa percontohan di Kabupaten Kepulauan Meranti. (RAMLI ISHAK/ PONIATUN)





0 komentar:

Post a Comment

Retromantic 9

Retromantic 9

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR