"Maraknya KOSIPA Bunga Pinjaman Melangit di Sukabumi"

.

Sukabumi LHI
Merjamurnya KOSIPA ilegal di daerah Sukabumi,bukan hanya dikalangan masyarakat kecil saja yang berpenghasilan pas pasan seperti pedagang kecil  yang berusaha mencari modal kepada  bank keliling (BK). Hal serupa inipun terjadi di kalangan  karyawan pabrik-pabrik  di Sukabumi dengan menjaminkan surat-surat penting seperti KK, KTP berikut  ATM.
Konon setiap bulannya karyawan yang meminjam uang kepada Kosipa tersebut membayar pinjamannya dengan cara dipotong gaji dan membayar setiap bulannya dengan waktu yang telah disepakati.
            Yang lebih mencenggangkan lagi ada beberapa kosipa yang merekrut karyawan tersebut untuk menawarkan pinjaman ke karyawan lain di tempat ia bekerja dengan bunga yang cukup besar perbulannya..seperti contoh pinjaman Rp.1.000.000  menjadi  Rp.1.300.000. Bahkan ada yang lebih gila lagi dari pinjaman Rp.1.000.000 dengan tempo 4 bulan, akan tetapi setiap bulannya diwajibkan membayar bunganya sebesar Rp.300.000 .Sangat jelas ni permainan rentenir yang terkoordinir,jelas ini perbuatan yang sangat dilaknat dalam agama Islam , dan hal ini sangat diharamkan karena ini jelas RIBA..  (yopi/agung)

0 komentar:

Post a Comment

Retromantic 9

Retromantic 9

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR