Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab.Meranti Tidak Menanggapi Masalah Pemdes Mekong

.

Selatpanjang, LHI.
Pada hari Senin  12 November 2018 pukul 10.00 WIB, LHI menemui Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Drs. Ikhwani, M.IP di ruangan kerjanya   di Jalan Dorak Selatpanjang hendak konfirmasi mengenai   dengan adanya pemanggilan Kaur dan jajarannya Pemerintahan Desa Mekong oleh jaksa untuk diminta keterangan dan membawa berkas dokumen Pembangunan Desa Tahun 2014 sampai Tahun 2018 menyangkut dana bantuan Desa Mekong Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti. Menurut sumber yang sangat dipercaya, yang menyampaikan kepada LHI bahwa Kaur Pemerintah Desa Mekong dipanggil Jaksa.
                  Pemerintah desa adalah di ruang lingkup pemerintah daerah tentu tidak lepas dari Pengawasan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, tiap-tiap tahun ada aliran dana bantuan desa?
                  Ketika LHI memperkenalkan identitas kepada Drs.Ikhwani   M.IP   Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, jawabannya “ Saya tidak berlangganan koran!! “ketusnya
                  LHI mengatakan bukan mau berlangganan koran! LHI menanyakan masalah Kaur Pemerintah Desa Mekong, dimana Jaksa meminta keterangan masalah uang bantuan Desa Mekong Tahun 2014 sampai Tahun 2018. Dengan nada angkuhnya! “Itu saya tidak tahu!”. jawabnya.
                  Drs. Ikhwani, M.IP mengatakan masalah desa adalah tanggung jawab Bupati kecuali ada Surat Perintah Bupati (dalam hal ini Bupati Meranti). Kini  timbul pertanyaan,  siapa yang berhak memenej dan melakukan pengawasan terhadap desa-desa se-kabupaten? Apakah Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa atau Bupati langsung?  Lantas, apa peran dan fungsi dinas terkait? Ketika timbul masalah di pemerintahan desa, bukankah dinas terkait yang melaporkan ke bupati, bukan malah sebaliknya? Kalau bupati langsung yang menangani, untuk apa ada dinas terkait? Kalau ada permasalahan, dinas terkait harus menunggu dulu perintah bupati? Dan seribu pertanyaan masih mengganggu ketika mendapat jawaban “Itu,saya tidak tahu....” dari seorang kepala dinas. (RAMLI ISHAK)***

0 komentar:

Post a Comment

Retromantic 9

Retromantic 9

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR