Kemeriahan Perayaan Festival Way Kambas Yang Ke XVIII

.

Lampung Timur, LHI
Pemerintah Kabupaten Lampung Timur secara resmi membuka Festival Way Kambas tahun 2018 pada Jum’at (09/11/2018). Acara yang paling ditunggu-tunggu oleh Masyarakat Kabupaten Lampung Timur tersebut dilakukan langsung oleh Bupati Lampung Timur Chusnunia Chalim.
Pembukaan Festival Wak Kambas yang dimasukkan tahun ke-XVIII ini ditandai dengan lebih dari satu balon oleh Nunik sapaan akrab Chusnunia dengan didampingi Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari, Menteri Pariwisata Republik Indonesia yang dalam hal ini diwakili oleh kepala Bidang Pemasaran Area 4 Regional 1 , Heri Hermawan, Gubernur Lampung yang diwakili oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan dan Politik, Theresia Sormin, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Timur, Syahrudin Putera, Ketua TP PKK Kabupaten Lampung Timur, Puteri Ernawati Zaiful Bokhari, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Lampung Timur, Yossy Syahrudin , Forkopimda Lampung Timur dan Para Perwakilan Kepala Daerah dari Kabupaten Lampung Selatan, Lampung Tengah, dan Waykanan.
Adapun acara pembukaan sendiri diawali dengan parade gajah sebanyak 16 ekor dengan membawa iring-iringan bupati beserta tamu undangan lainnya. Setelah parade gajah, acara dilanjutkan dengan pengalungan bunga, pengibaran bendera festival serta pawai kebudayaan dari 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Lampung Timur.
Dalam sambutannya, Chusnunia mengatakan “Pendapatan Way Kambas sendiri untuk disumbangkan kepada Negara dari sektor PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) dulu biasanya Way Kambas menyetor kepada kas negara sekitar 25 sampai 35 juta pertahun, namun sejak adanya Festival Way Kambas, tahun 2016 mampu menyetor 600 juta sampai 700 juta, tahun 2017 menyetor 800 juta lebih dan yang membanggakan ditahun ini walaupun masih bulan november sudah mencapai hampir 900 juta, sehingga ketika kita punya sesuatu atau kita sebut bahan mentah ketika kita olah semua bisa merasakan hasilnya bukan hanya kepada kas negara tetapi juga bisa dirasakan oleh penghuni dan masyarakat sekitar”.
Selain itu pada kesempatan tersebut tak lupa pula, Chusnunia menjelaskan bahwa Festival Way Kambas menjadi salah satu ajang promosi bagi wisata lain yang ada di Lampung Timur sekaligus mengingatkan pengunjung untuk menjaga kebersihan dan kelestarian hutan.
            “Festival Way Kambas ini menjadi festival andalan yang melingkupi destinasi-destinasi wisata yang bukan hanya Way Kambas sendiri dimana kita juga ingin menjadikan ajang promosi bagi wisata lainnya termasuk mempromosikan Situs Taman Purbakala serta ada beberapa lainnya yang kita promosikan termasuk Goa Pandan”.
            “Festival ini adalah upaya kita untuk membuat publik sadar terhadap konservasi, intinya tetap tidak meninggalkan konservasi agar pengunjung tetap menjaga kebersihan dan kelestarian hutan, meskipun kami menyediakan tim untuk kebersihan yang akan membereskan semuanya tetapi kita harapkan semua pihak secara mandiri menjaga kebersihan dalam lingkungan Way Kambas”.
            Ditempat yang sama, Wakil Bupati Lampung Timur, Zaiful Bokhari mengatakan “kita akan menjadikan Festival Way Kambas menjadi icon terbesar yang ada adi Provinsi Lampung, selain itu kita juga akan angkat Situs Taman Purbakala Pugung Raharjo, dua event ini akan kita fokuskan kedepan”.
Pada acara pembukaan Festival Way Kambas kali ini dimeriahkan pula dengan berbagai lomba lain, Lomba Hutan yang diikuti oleh peserta dari seluruh Indonesia yang akan di umumkan pada tanggal 11 november atau bertepatan pada hari penutupan festival way kambas.
Selenggarakan acara Festival Festival dengan peserta dari berbagai organisasi yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten Lampung Timur, Keluar sebagai juara pertama pada lomba ini yaitu Rumah Sakit Umum Daerah Sukadana, dan Juara Kedua dan Ketiga Dinas Pertanian dan Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah.ujarnya. (YUDI/Adv)***

0 komentar:

Post a Comment

Retromantic 9

Retromantic 9

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR