Kepala Desa Tenang OKU Selatan di Nonaktifkan

.

   
OKU SELATAN,LHI-Kepala Desa Tenang Kecamatan Kisam Tinggi Kabupaten OKU Selatan Rudi Azim di nonaktifkan dari jabatannya sebagai Kepala Desa karena diduga menggelapkan dana ADD dan gaji perangkat Desa juga anggota BPD.

     Berdasarkan laporan perangkat Desa dan anggota BPD Desa Tenang, Permadi Haikal, Kepada Dinas Badan Pemberdayaan Pemerintah Desa (BPPMD) menganggap oknum Kepala Desa sudah melakukan kesalahan yang sangat fatal dan tidak bisa ditoleransi.
Bukan saja sulit berkomunikasi dan sulit untuk ditemui, oknum Kepala Desa ini juga terkesan lari dari tanggung jawabnya.

     Kami juga pernah mendatangi Kepala Desa tersebut dengan maksud konfirmasi tapi tidak bertemu dengan Kepala Desa yang dimaksud, bahkan Camat Kisam Tinggi sendiri mengaku jarang sekali berkomunikasi dengan oknum Kades ini.
Bahkan keluarganya pun tidak tahu kemana dia pergi. Perbuatan ini diduga bukan hanya sekali dilakukan tapi sudah berulangkali dari tahun 2014”, Ujar Permadi Haikal kepada wartawan.
   
     Kepala Desa Rudi Azim diduga melanggar UU Desa no 6 tahun 2014 tentang Desa pasal 26,27,29 dan Permendagri 113 tahun 2014 tentang pengelolaan keuangan Desa.
Selain itu, oknum Kades ini juga melanggar UU No 20 tahun 2018 tentang perubahan pengelolaan keuangan Desa. Dalam UU tersebut diatur tatakelola keuangan Desa yang sesuai dengan peruntukannya.

      Menindaklanjuti perbuatan oknum Kades ini, berdasarkan peraturan perundang undangan maka Pemerintah OKU Selatan mengambil sikap dengan memberhentikan Kepala Desa Tenang Rudi Azim karena perbuatannya yang tidak melaksanakan tugas Kepala Desa sebagaimana mestinya.

      Sementara itu, untuk mengatasi kekosongan kepemimpinan di Desa Tenang maka Pemerintah OKU Selatan mengangkat PJS Kepala Desa. Atas nama Bupati OKU Selatan Camat Kisam Tinggi Dede Supriatna.ST.MSI. melantik PJS. Diky Zulkarnain Senin 29 oktober 2018 bertempat di Kantor Camat Kisam Tinggi Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan.

      PJS. Diky Zulkanain akan menggantikan Rudi Azim melaksanakan tugas dan tanggung jawab serta kewajiban sebagai Kepala Desa. Dia akan menjabat sebagai PJS sampai dengan november 2019 mendatang.
Kasus yang menimpa oknum Kepala DesaTenang ini dapat menjadi pembelajaran bagi 252 Kepala Desa di Kabupaten OKU Selatan agar menjalankan tugas dan tanggung jawab serta kewajiban secara sungguh-sungguh sesuai dengan peraturan yang berlaku demi berjalannya roda Pemerintahan Desa secara menyeluruh. ( Bas/rahim )***




0 komentar:

Post a Comment

Disdukcapil Kota Banjar

Disdukcapil Kota Banjar

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR