Warga Desa Cikadongdong Pertanyakan Transparansi Pengelolaan Dana BUMDes

.

Kab.Tasik, LHI
Karena diduga tidak transparan dalam pengelolaannya, maka dana Badan Usaha Milik Desa (BUMDes)  Desa Cikadongdong Kec.Singaparna Kab.Tasikmalay dipertanyakan warga masyarakat desa setempat. Bahkan  pekan kemarin, sejumlah Ketua RT, Ketua RW, tokoh agama dan tokoh masyarakat menggeruduk kantor Desa Cikadongdong yang diterima kepala desa beserta perangkatnya, tetapi Direktur BUMDes nya sendiri tidak kelihatan batang hidungnya. Kepala desa sendiri tidak berkutik ketika didesak warga desanya.
            “Kedatangan kami ke balai desa untuk mempertanyakan transparansi pengelolaan keuangan BUMDes.Pasalnya, penggunaan dana tersebut dinilai tidak jelas. Juga peminjam ke BUMDes tebang pilih. Karena umumnya mereka (peminjam) berasal dari keluarga pengelola BUMDes maupun keluarga perangkat desa,”ungkap Mama Dedi, seorang tokoh dan penggerak masyarakat.
            Mama Dedi beserta tokoh masyarakat mengaku kecewa, setelah pekan kemarin mengadakan rapat atau pertemuan dengan Kepala Desa Cokadongdong tanpa ada ketua atau Direktur BUMDes, hingga sekarang tidak ada kepastian. “Warga menginginkan kepastian atau jawaban dari pihak pengurus BUMDes maupun pihak Pemdes Cikadongdong,”katanya.
            Karena jika hal ini berlarut-larut, warga masyarakat Desa Cikadongdong akan bertanya tanya terus mengenai keberadaan BUMDes, terutama kaitannya dengan keterbukaan masalah keuangan dan atau manajemennya yang tidak terbuka. “Kepala desa sebagai penanggung jawab BUMDes harusnya mengambil sikap, memanggil seluruh pengurus BUMDes, kemudian menjelaskan kepada masyarakat yang menuntut dan mempertanyakannya.”pungkas Mama Dedi kepada LHI, hari Rabu kemarin.(TIM)***

0 komentar:

Post a Comment

Disdukcapil Kota Banjar

Disdukcapil Kota Banjar

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR