Petani Rumbai Sagu di Meranti Banyak Terlilit Ijon dan Harapkan Perhatian Pemerintah Daerah

.

SELATPANJANG. LHI.
Pulau Tebing Tinggi, Pulau Rangsang, Pulau Merbau, dan  Pulau Padang merupakan empat pulau besar di Kabupaten Kepulauan Meranti  dan di setiap pulau besar tersebut masyarakat di wilayah kecamatan sampai ke desa-desa memiliki kebun rumbia sagu, luasnya bervariasi ada 2 jalur, ada 5 jalur, ada 10 jalur dan seterusnya. Perkiraann jalur tersebut adalah istilah masyarakat kampung atau wong cilik alias orang kecil.Kalau pengusaha kilang sagu bahasanya mempunyai kebun rumbia sagu ribuan hektar.
                   Dengan adanya bervariasi luasnya kebun petani rumbia sagu di Kabupaten Kepulauan Meranti tersebut, penyelenggaraan Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Pusat masyarakat kecil/ orang cilik yang memiliki kebun rumbia sagu harus mendapat pengayoman dan pembinaan sebuah lembaga berbadan hukum seperti Koperasi atau dimenet oleh Perusahaan Daerah yang memihak kepada masyarakat kecil petani pekebun rumbia sagu.
                  Dengan terkoordinirnya petani kecil pekebun rumbia sagu oleh suatu lembaga yang berbadan hukum secara bertahap perekonomian masyarakat secara alami meningkat supaya ada keseimbangan dengan pengusaha kilang sagu yang mempunyai koperasi.
                  Hasil pantauan LHI di Selatpanjang petani masyarakat kecil pekebun rumbia sagu sangat rentan terlilit hutang piutang berkedok ijon alias pajak kepada pengusaha kilang sagu. Kalau tersandung hukum gara-gara utang piutang kepada siapa masyarakat kecil petani rumbia sagu mengadu!
                  Karena masyarakat tidak mempunyai modal, justru itu petani kecil pekebun rumbia sagu sangat-sangat penting mempunyai lembaga berbadan hukum!
                  Baru-baru ini pada tanggal 27 Agustus 2018, petani rumbia sagu bernama Usman penduduk Jalan Perumbi Gang Juangsa mau membayar utang Rp.25 juta di tolak oleh pengusaha kilang sagu bernama Toke Sandi gara-gara utang piutang.  (RAMLI ISHAK)

0 komentar:

Post a Comment

Disdukcapil Kota Banjar

Disdukcapil Kota Banjar

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR