KPU Pangandaran Sosialisasikan Program dan Jadwal Kampanye Pemilu 2019

.

Pangandaran LHI
Komisi Pemilihan umum ( KPU ) Kabupaten Pangandaran, gelar sosialisasi program dan jadwal Kampenye Pemilu 2019. Acara dilakukan di kantor KPU Pangandaran hari Jum’at (21/9/2018).
            Komisioner KPU Pangandaran, Divisi Hukum, SDM, dan Parmas Muhtadin , mengatakan acara sosialisasi tentang aturan yang benar dalam pelaksanaan kampanye Pemilu Tahun 2019.”Hal itu, sesuai Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) nomor 23 sebagai mana telah di ubah dg pkpu no 28 tahun 2018 tentang kampanye pemilihan umum terkait dengan fasilitasi APK dan lokasi pemasangan APK,” ujarnya.
            Muhtadin  mengungkapkan, bahwa kegiatan sosialisasi digelar bertujuan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat dan khususnya pada partai politik (Parpol) peserta pemilu dan stakeholder. “Upaya itu, guna meminimalisir dugaan pelanggaran-pelanggaran yang kerap terjadi pada pagelaran pesta demokrasi. “Makanya jauh-jauh hari kita berikan sosialisasi supaya mereka mengerti,” jelasnya.
            Sesuai tahapan, kampanye baru boleh dilaksanakan pada tanggal 23 September 2018, hingga 13 April 2019 mendatang. Dalam hal ini, KPU hanya memfasilitasi terkait tatacara yang diperbolehkan pada saat kampanye dan juga alat yang akan dipasang oleh peserta pemilu.”KPU memfasilitasi seputar alat peraga kampanye (APK), Bahan Kampanye (BK), selain itu KPU juga membolehkan untuk membuat media tambahan untuk kegiatan kampanye seperti halnya melalui di media Sosial di Facebook Twitter ,” terangnya.
            Menurutnya, upaya kampanye juga boleh dilakukan melalui media sosial dan dalam bentuk lainnya. Tentunya, dilakukan sesuai aturan yang telah ditetapkan. “Dalam PKPU juga mengatur tempat-tempat yang dilarang, ada batasan mana saja yang tidak boleh dilakukan,” tandasnya.
            Sementara itu, jika dalam pelaksanaan kampanye Pilpres 2019 ditemukan adanya pelanggaran, KPU Pangandaran akan berkoordinasi dengan Bawaslu (Badan Pengawas Pemilu) untuk tindak lanjutnya. “Jika ada yang melanggar ranahnya Bawaslu, kemudian akan memberikan surat rekomendasi ke KPU, setelah itu KPU akan menyampaikan kepada peserta pimilu yang melanggar untuk menindak lanjutinya,” pungkasnya(AGUS.S)**

0 komentar:

Post a Comment

Disdukcapil Kota Banjar

Disdukcapil Kota Banjar

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR