Kepala SMPN 1 Bumi Agung Lampung Timur Tolak Kehadiran Media

.
Lampung Timur,LHI
Kepala SMPN 1 Bumi Agung Elvina Maya Puspa mengaku tidak mau bermitra dengan media masa apapun. Dengan nada angkuhnya, dia menolak kehadiran media termasuk bermitra (langganan koran), karena dianggap membebani pihak sekolah.
            “Ya,saya tidak mau bermitra dengan media apapun, karena kehadirannya sangat membebani sekolahan kami. Pokoknya,kedatangan wartawan dari manapun akan saya tolak. Dana triwula 3 untuk langganan koran pun sudah habis,“ketusnya dengan nada judes..
            Sungguh sangat disayangkan sikap Kepala SMPN 1 Bumi Agung ini, karena kepada sekolah yang lama tidak pernah ada komplain atau penolakan kehadiran media dan awak media karena sudah lama bermitra.Apalagi kepala sekolah sebelumnya tidak ada yang bersikap pongah dan judes ketika kedatangan tamu awak media.
            Seorang awak media kepada LHI menjelaskan, anggaran untuk media telah dianggarkan sesuai Permendikbud No.1 Tahun 2018 tentang juknis BOS untuk SD/SMP/SMA termasuk langganan majalah/ publikasi berkala) yang terkait dengan pendidikan, baik offline (media cetak) maupun media online.
            Karena itu, sikap Kepala SMPN 1 Bumi Agung Elvina Maya Puspa yang menolak kehadiran media tentunya bertentangan dengan UU No. 40 Tahun 1999 tentang Pers, disebutkan dalam Pasal 3 fungsi pers adalah sebagai berikut dibawah ini”
1. Sebagai media informasi, ialah pers itu memberi dan menyediakan informasi tentang peristiwa yang terjadi  kepada masyarakat, dan masyarakat membeli surat kabar karena memerlukan informasi.
2. Fungsi pendidikan, ialah pers itu sebagi sarana pendidikan massa (mass education), pers memuat tulisan-tulisan yang mengandung pengetahuan sehingga masyarakat bertambah pengetahuan dan wawasannya.
3. Fungsi menghibur, ialah pers juga memuat hal-hal yang bersifat hiburan untuk mengimbangi berita-berita berat (hard news) dan artikel-artikel yang berbobot. Berbentuk cerita pendek, cerita bersambung, cerita bergambar, teka-teki silang, pojok, dan karikatur.
4. Fungsi Kontrol Sosial, terkandung makna demokratis yang didalamnya terdapat unsur-unsur sebagai berikut: A. Social particiption yaitu keikutsertaan rakyat dalam pemerintahan.B. Socila responsibility yaitu pertanggungjawaban pemerintah terhadap rakyat. C. Socila support yaitu dukungan rakyat terhadap pemerintah dan D. Social Control yaitu kontrol masyarakat terhadap tindakan-tindakan pemerintah.
5. Sebagai Lembaga Ekonomi, yaitu pers adalah suatu perusahaan yang bergerak dibidang pers dapat memamfaatkan keadaan disekitarnya sebagai nilai jual sehingga pers sebagai lembaga sosial dapat memperoleh keuntungan maksimal dari hasil prodduksinya untuk kelangsungan hidup lembaga pers itu sendiri.
            “Kami  berharap mudah- mudahan Kepala  SMPN 1 Bumi Agung    kedepanya lebih mengerti apa maksud dan tujuan insan Pers datang kesekolah. LINTAS HUKUM INDONESIA juga berharap dinas pendidikan bisa memberi arahan kepada semua kepala sekolah khususnya, SMPN 1 Bumi Agung Kab.Lampung Timur  agar kedepan bisa memahami peranan insan Pers. (CAND)***


0 komentar:

Post a Comment

Disdukcapil Kota Banjar

Disdukcapil Kota Banjar

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR