Kelompok Tani Ubi di Desa Tenan Harapkan Bimbingan dan Penyuluhan dari Dinas Pertanian Kab. Meranti

.

Selatpanjang, LHI.
Kelompok tani ubi yang diketuai Sunardi di Desa Tenan sudah mulai panen. Hasil ubinya itu biasanya dijadikan tepung untuk kemudian dijual ke produsen pembuat makanan olahan. Setiap kali panen, petani ubi pun bisa tersenyum lega.
                  Hasil panen ubi yang melimpah itu tak terlepas dari kekompakan ketua kelompok Sunardi dan anggotanya.”Untuk penanaman ubi di lahan 4 hektar ini menggunakan modal pribadi para anggota. Hasil panen kali ini dinilai cukup bagus dan menguntungkan,”ujarnya.
                  Sunardi mengakui, bahwa di sekitar lokasi penanaman ubi yang 4 hektar ini, sebenarnya masih banyak lahan tidur yang belum diolah masyarakat.”Untuk menggarap lahan tidur yang luas itu, kami dan masyarakat di sini membutuhkan bimbingan pemerintah daerah melalui Dinas Pertanian Kab.Meranti maupun Dinas Perkebunan secara terpadu, baik dalam hal pembukaan lahan maupun penyuluhan pertanian,”katanya
                  Budidaya tanaman ubi, menurutnya hangat menguntungkan, dan telah dibuktikanmenggarap lahan tidur serta terlihat hasilnya dan sudah melakukan penanaman kembali di lokasi tempat yang sama seluas 4 hektar. Apalagi kini tersedia mesin pengolah ubi untuk dijadikan tepung ubi di Selatpanjang.
                  Peran pemerintah daerah sangat dibutuhkan oleh Ketua Kelompok dan Pengawas Petani Pekebun Ubi di Lokasi Desa Tenan Kecamatan Tebing Tinggi Barat Kabupaten Kepulauan Meranti.
                  Apabila Pemerintah Daerah mendorong dan memenet hasil usaha tani pekebun ubi yang dilaksanakan Ketua Kelompok dan Pengawas di lapangan produksi tepung ubi! Cikal bakal kata Selatpanjang penghasil tepung ubi adalah tanaman muda sangat baik pertumbuhannya di Kabupaten Kepulauan Meranti. Apabila di olah secara rutin oleh masyarakat betul-betul membidangi teknis pertanian di lapangan. (RAMLI ISHAK)

0 komentar:

Post a Comment

Disdukcapil Kota Banjar

Disdukcapil Kota Banjar

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR