Murahnya Harga Karet, Petani di Kab.Meranti Perlu Perhatian Pemerintah

.

Selatpanjang, LHI.
Baru-baru ini, Kabiro LHI  turun ke lapangan di Kecamatan Merbau, Kecamatan Tasik Putri Puyu, Kecamatan Pulau Merbau, Kecamatan Rangsang Barat, boleh di katakan seluruh Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti. Harga karet milik petani rata-rata harga jual karetnya sangat menurun, hanya tinggal harganya perkilo Rp.6.000,- (enam ribu rupiah).
                  Menurut keterangan petani karet di Desa Mengkirau Kecamatan Tasik Putri Puyu kepada LHI, harga karet Rp.6.000,- (enam ribu rupiah) sudah tidak seimbang dengan harga beras, harga beras perkilo Rp.14.000 ). Inilah sebagai keluhan kami yang tinggal di desa-desa sebagai petani karet, terpuruknya harga tersebut sudah bertahun-tahun lamanya.
                  Kabupaten Kepulauan Meranti terkenal sebenarnya penghasil karet semenjak jaman dahulu masih Kecamatan Tebing Tinggi Selatpanjang, perdagangan karet sampai keluar negeri, singapor dan malaysia. Negara tetangga, sekitar tahun 1960.
 Pengusaha penampung karet waktu itu di Pulau Rangsang bernama Suibi Tokoh Tionghoa terkenal di pulau rangsang. Sampai saat ini penghasil karet di Kabupaten Kepulauan Meranti boleh dikatakan ribuan ton di seluruh Kecamatan Se-Kabupaten per tahunnya.
                  Untuk meningkatkan harga karet, petani di seluruh Kecamatan Kabupaten Kepulauan Meranti! Penyelenggaraan Pemerintah harus mencari solusi terpuruknya harga karet milik petani harus di tangani pengusaha berpihak kepada petani karet perlu ada pembinaan dan pengayoman apakah itu Koperasi, perusahaan daerah dan dinas perdagangan.
                  Nasib petani perkebunan karet harus mendapat perhatian serius dari Pemerintah karena di seluruh Kecamatan di Kabupaten Kepulauan Meranti banyak petani perkebunan karet, sampai di mana peran Dinas Perdagangan sampai hari ini harga karet masih di bawah standar harganya.
                  Kebun karet sangat mendukung perekonomian masyarakat di pedesaan. Apabila harga karet stabil harganya di pasaran, kebun karet masyarakat apabila sudah berhasil setiap hari mengeluarkan hasil panennya.
                  Oleh sebab itu peran Dinas Perkebunan dan Pertanian sangat menentukan keberhasilan dan peningkatan penghasilan petani kebun karet, apalagi ada bantuan dari Pemerintah Daerah maupun Pemerintah Pusat di segi kucuran dana bantuan untuk perkebunan karet dan cetak sawah di Kecamatan mana maupun desa-desa mana yang telah berhasil?  (PONIATUN)

0 komentar:

Post a Comment

Disdukcapil Kota Banjar

Disdukcapil Kota Banjar

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR