Kontingen Kec. Jamanis dan Sukahening Meriahkan "Helaran Kesenian Tradisional" Tingkat Kabupaten Tasikmalaya

.

Kab.Tasik.LHI
Kontingen Kecamatan Jamanis dengan nomor peserta 03 dipimpin Camat Jamanis Drs.Uwen Sulaeman didampingi Sekmat Jamanis Ir.Dadang Sudarman, segenap pimpinan lintas sektoral Kecamatan Jamanis, para kepala desa se Kecamatan Jamanis dan para periah kontingen Jamanis  tampil dalam pergelaran Helaran Kesenian Tradisional tingkat Kabupaten Tasikmalaya di Padakembang pada Rabu 28 Agustus 2018. Dalam acara tersebut kontingen Kecamatan Jamanis menampilkan kesenian Reog dari Paguyuban Seni Budaya Reog Gumelar Desa Karangresik Kecamatan Jamanis.
            Camat Jamanis Drs.Uwen Sulaeman pada LHI mengatakan sebenarnya banyak kesenian tradisional dikecamatan Jamanis. Seperti  kesenian Badeng dari desa Tanjungmekar, Seni Pencak Silat, Seni Angklung, Seni Calung dan lain-lain. Kesenian tersebut masih lestari dan pelaku-pelaku seni senang menampilkanya diacara-acara tertentu.
            Pjs Kepala Desa Karangresik Agus selaku pengusung Reog Gumelar merasa bangga seni Reog Gumelar dari desanya dapat memeriahkan acara Helaran Kesenian Tradisional tersebut. Agus berharap seni Reog Gumelar kedepanya terus eksis dan berkembang sehingga mampu membawa nama baik Desa Karangresik.
            "Kami berharap ada pihak-pihak terkait yang mau membantu Paguyuban Seni Budaya Reog Gumelar dalam kiprahnya didunia seni tradosional sunda baik untuk kebutuhan perlengkapan atau operasional. Reog Gumelar kini dikelola oleh generasi ke 5" kata Agus.
            Adapun kontingen Kecamatan Sukahening dalam acara yang sama menampilkan seni Pencak Silat Pusaka Medal Domas dari Desa Sukahening Kecamatan Sukahening. Camat Sukahening Kusnanto, S.Sos, beserta pimpinan lintas sektoral Kecamatan Sukahening dan segenap periah/pegembira kontingen Kecamatan Sukahening merasa senang dapat ikut memeriahkan acara tersebut. Pemerintah Kecamatan Sukahening berharap kedepanya bisa menampilkan kesenian-kesenian lainya yang berkembang di Kecamatan Sukahening seperti Seni Angklung Buncis, Rampak Gendang dan Tari Merak. (ASEP SUDRAJAT)***

0 komentar:

Post a Comment

Disdukcapil Kota Banjar

Disdukcapil Kota Banjar

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR