Kantor Pertanahan Dumai Sosialisasikan Program Tanah melalui Kegiatan PTSL tahun 2018 di Kantor Camat Dumai Kota

.
   Kota Dumai, LHI- Untuk pertama kalinya program sertifikasi tanah melalui kegiatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap ( PTSL ) dengan meliputi semua objek tanah yang belum terdaftar dalam satu wilayah desa maupun kelurahan akan dilaksanakan pada tahun 2018 ini.
   Kepala Kantor Pertanahan kota Dumai Hartoyo SH yang didampingi ketua tim pelaksana PTSL kecamatan Dumai Kota Sahrial beserta anggotanya melakukan  sosialisasi langsung pada hari Kamis, (15/2/18) di aula kantor camat Dumai Kota dengan tema " Sukseskan Program Sertifikasi Tanah Melalui Kegiatan PTSL se kecamatan Dumai Kota tahun 2018 ".
   Hartoyo berharap agar pelaksanaan kegiatan PTSL yang nantinya akan melibatkan setiap kepala kelurahan dan ketua - ketua RT ini dapat selesai pada bulan Agustus minggu kedua tahun 2018.
   Dijelaskannya, salah satu tujuan kegiatan ini adalah untuk menghidari konflik tanah dan rencana akan menerbitkan 8.000 sertifikat dan 10.000 peta tanah.
   " Pelaksanaan kegiatan PTSL adalah program pemerintah pusat melalui peraturan menteri ATR/ Kepala BPN RI nomor 12 tahun 2017  tentang percepatan pendaftaran tanah sistematis lengkap dan  berdasarkan keputusan bersama menteri ATR/ Kepala BPN, Mendagri dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi nomor 25/ SKB/ V/ 2017, nomor 590-3167A2017, nomor 34 tahun 2017 tanggal 22 Mei 2017 tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis, " jelasnya.
   Sahrial, ketua tim PTSL kecamatan Dumai Kota yang mendampingi kepala Kantor Pertanahan menambahkan bahwa kegiatan PTSL ini transparan.
" Seluruh tanah milik masyarakat berkewarganegaraan Indonesia, tanah milik pemerintah maupun swasta semuanya akan di ukur agar dapat di petakan  dan minggu depan tim akan turun ke lapangan," katanya.
   Camat Dumai Kota Budhi Hasnul mengatakan  bahwa kegiatan PTSL ini sudah dituangkan  dalam Peraturan Walikota Dumai nomor 32 tahun 2017 tentang Pembiayaan Persiapan PTSL di kota Dumai.
   " Dalam pasal 3 perwako itu dijelaskan öbahwa biaya yang diperlukan untuk pembiayaan persiapan pelaksanaan PTSL sebesar Rp 200.000,- ( dua ratus ribu rupiah ) perbidang tanah dengan rincian untuk kegiatan penyiapan dokumen; kegiatan pengadaan patok dan material dan kegiatan operasional petugas.
Dan untuk kelancaran pelaksanaan pelayanan, sekretaris kecamatan dan kelurahan masing - masing menunjuk petugas pelayanan yang mempunyai kecakapan dan kemampuan sesuai dengan kebutuhan pelayanan, " kata pak camat Ucok Melayu panggilan akrabnya mengakhiri. (SN)***


Disdukcapil Kota Banjar

Disdukcapil Kota Banjar

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR

DISDUKCAPIL KOTA BANJAR